KESENIAN SUNDA : TARI MERAK


     Tari merak merupakan tarian tradisional yang bentuk pakaiannya dan gerakannya terinspirasi dari burung Merak yang selalu melebarkan bulu-bulu ekornya ketika sedang ingin menarik perhatian lawan jenisnya.
     Tari yang dikenal baik di dalam maupun diluar negeri ini dibuat oleh R. Tjetje Somantri dan biasanya dipentaskan oleh 3 orang penari atau lebih. Masing-masing penari ada yang memerankan karakter betina dan karakter jantan.

KESENIAN TRADISIONAL JAWA BARAT : WAYANG GOLEK

     Wayang Golek adalah salah satu kesenian Sunda yang terbuat dari boneka kayu, dan sangat popuer terutama di wilayah Tanah Pasundan. Penyebrannnya pun memang terbentang luas mulai dari Cirebon disebelah timur hingga wilayah Banten disebelah barat, bahkan di derah Jawa Tengah pun yang berbatasan dengan Jawa Barat sering juga di pertunjukan pagelaran Wayang Golek.
     Wayang merupakan bentuk teater rakyat yang sangat populer, terutama di pulau Jawa dan Bali. Orang-orang sering menghubungkan kata “wayang” dengan “bayang”, karena kalau kita melihat pertnjukan wayang kulit yang memakai layar, dimana akan muncul bayang-bayang.

KESENIAN TRADISIONAL SUNDA : KUDA RENGGONG


Kuda Renggong merupakan kesenian tradisional Sunda yang berasal dari kota Sumedang. Kesenian Sunda ini biasanya dipentaskan dalam rangka arak-arakan hajat sunatan. kuda yang dipake sudah sangat terlatih dan akan menari mengikuti irama musik yang dilantunkan, terutama kendang.
Kuda yang dipakai biasanya bentuknya yang kuat dan tegap. Kuda dihiasi dengan aksesoris yang meriah dan kemudian diarak diiringi oleh musik pengiring dan para penari.
Setiap tahun pemerintah mengadakan festifal kuda renggong yang telah menjadi daya tarik wisata nasional maupun Internasional, Kuda renggong sendiri sudah menjadi pertunjukan khas kota Sumedang Jawa Barat.

KESENIAN SUNDA : TARI JAIPONG

Tari Jaipong merupakan tarian tradisiional yang berasal dari Bandung Jawa Barat. Menurut catatan kebudayan Indonesia tarian ini diciptakan oleh seorang seniman yang berdarah Sunda.
Pada awalnya Jaipong menjadi sebuah tarian yang sangat unik dan menarik denga alat musik pengiring degung. Keunikan tarian ini dapat di lihat dalam seluruh gerakan tari yang terlihat begitu ceria,energik dan humoris.
Sudah Tak heran jika pementeasan kesenian tradisional Sunda ini kerap mengundang tawa geli bagi para penikmatnya.